Sumber Mata Air di Kota Bandung Nyaris Punah, Ketua DPRD Tedy Rusmawan Minta Pemkot Inventarisir Seke

- 25 Januari 2023, 07:58 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menghadiri peresmian Seke Buka Tanah di Kawasan Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung, Bandung, akhir pekan kemarin
Ketua DPRD Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., menghadiri peresmian Seke Buka Tanah di Kawasan Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung, Bandung, akhir pekan kemarin /Humas DPRD Kota Bandung

DESKJABAR- Sumber mata air atau biasa disebut seke, di Kota Bandung semakin tergerus, dulu Kota Bandung mempunyai banyak mata air yang melimpah di beberapa wilayah.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penamaan wilayah yang mengandung kata seke seperti Sekeloa, Sekejati itu menandakan disitu banyak mata hari, namun sayang sekarang sudah tidak ada hanya tinggal nama saja.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan pun meminta agar Pemkot Bandung menginventarisir terkait sumber mata air di Kota Bandung jangan sampai menjadi benar benar punah seluruhnya.

Baca Juga: Diva Musik Pop Indonesia Rossa Menangis Saat Menjadi Juri Indonesian Idol XII, Ada Apa Dengan Rossa?


Mata Air Makin Berkurang

Tedy Rusmawan berharap lingkungan alam di Kota Bandung dapat semakin terjaga, termasuk sumber mata air.

"Kita apresiasi upaya untuk melestarikan alam dan menjaga mata air di Kota Bandung," ujarnya, pada peresmian Seke Buka Tanah di Kawasan Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung, Bandung, pekan kemarin.

Menanggapi banyaknya sumber mata air di Kota Bandung semakin berkurang. Meski banyak kawasan yang bernamakan sumber air atau seke, namun mata air tidak ada lagi di kawasan tersebut.

"Misalnya Sekeloa atau Sekejati, sudah enggak ada lagi sumber mata air. Maka kita mendukung upaya pelestarian alam dan mata air ini," ujarnya.

Lebih jauh, ia juga meminta Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan inventarisasi terkait sumber mata air yang ada di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x