TIDAK Hanya Tol Getaci, Tol Sepanjang 75 Kilometer Ini juga Pernah Jalani Lelang Ulang Gara Gara Ini….

- 25 Januari 2023, 07:10 WIB
Jalan tol Batang-Semarang saat masih dalam proses pembangunan dan telah diresmikan akhir tahun 2018.
Jalan tol Batang-Semarang saat masih dalam proses pembangunan dan telah diresmikan akhir tahun 2018. /YouTube Waskita Karya/

DESKJABAR – Hingga saat ini belum ada kabar dan pengumuman dari BPJT Kementerian PUPR terkait hasil lelang ulang atas proyek tol Getaci atau Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Belum adanya kabar siapa pemenang lelang ulang tersebut, membuat pembangunan tol Getasi seksi 1 dari Gedebage hingga Garut utara dipastikan molor.

Berita dilakukannya lelang ulang atas pembangunan calon tol terpanjang di Indonesia itu disampaikan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian yang mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan lelang ulang terhadap proyek tol Getaci.

Baca Juga: NASIB Tol Getaci Tahap 1, Belum Ada Kabar Pemenang Lelang Ulang, Bagaimana Kelanjutan Pembebasan Lahan Warga?

"Proyek pembangunan Jalan Tol Getaci akan kita lelang ulang. Kita sudah mulai proses lelang ulang ini di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)," ujar Rahadian di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, 17 Januari 2023.

Alasan-Alasan Terjadinya Lelang Ulang

Mengutip dari laman kemenkeu.go.id, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 9/PMK/2010 tentang Petunjuk Pelaksaan Lelang disebutkan bahwa lelang ulang adalah pelaksanaan lelang yang dilakukan untuk mengulang lelang yang tidak ada peminat, lelang yang ditahan, atau lelang yang pembelinya wanprestasi.

Sementara itu, Hedy Rahadian menyebutkan bahwa alasan proyek tol Getaci dilakukan lelang ulang, karena tidak terjadinya penandatanganan perjanjian dukungan pembiayaan perbankan atau financial close.

"Dilelang ulang karena secara kontrak statusnya default," katanya.

Baca Juga: Hasil Daihatsu Indonesia Master 2023: Perang Saudara Dimenangkan Oleh Pasagan Fajar/Rian

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x