TOL Cisumdawu Hampir Rampung, Tol Akses Patimban Segera Dibangun, Apakabar Pembangunan Megaproyek Rebana?

- 25 Januari 2023, 06:20 WIB
Tol Cisumdawu tidak lama lagi akan beroperasi penuh, tol akses Patimban segera dibangun. Langkah terwujudnya pembangunan kawasan Rebana Metropolitan akan segera dimulai
Tol Cisumdawu tidak lama lagi akan beroperasi penuh, tol akses Patimban segera dibangun. Langkah terwujudnya pembangunan kawasan Rebana Metropolitan akan segera dimulai /YouTube Apip Subroto/

DESKJABARTol Cisumdawu hampir rampung dan beberapa  bulan lagi sudah bisa beroperasi penuh yang akan mempercepat akses lalu lintas dari Kota Bandung ke wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Khususnya akses lalu lintas ke Bandara Internasional Kertajati yang sudah bergairah kembali dengan menjadi pintu gerbang keberangkatan Jemaah Umroh asal Jawa Barat.

Belum lagi, pemerintah juga berencana akan segera membangun jalan tol akses ke pelabuhan laut Patimban, Subang sepanjang 37,05 kilometer.

Lalu bagaimana perkembangan megaproyek Rebana Metropolitan yang akan dibangun di kawasan segitiga emas yakni Cirebon-Subang-Majalengka?

Baca Juga: TOL Getaci Terbaru, Bobotoh Tasikmalaya Kian Cepat Nonton Persib di GBLA, Secepat Bobotoh dari Soreang

Pembangunan tol Cisumdawu yang membuka akses ke Bandara Kertajati dan akses tol ke Pelabuhan Patimban, adalah menjadi titik awal perwujudan pembangunan kawasan segitiga emas Rebana yakni Cirebon,Subang dengan Patimban, dan Majalengka dengan Bandara Kertajati.

Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Tahun 2023

Mengutip dari kantor berita Antara, dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI pada 17 Januari 2023, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menyatakan bahwa tol Cisumdawu bisa beroperasi penuh pada akhir Februari 2023.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total bisa kita operasikan pada akhir Februari tahun ini," ujar Basuki.

Pembangunan tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer yang membentang dari Cileunyi, Sumedang-Dawuan, sebagian besar hampir rampung. Hanya tinggal pembangunan kontruksi di seksi 5B di kawasan Congeang-Ujungjaya, pembangunan mesti dikebut.

Halaman:

Editor: Dendi Sundayana

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x