Ikan di Sungai, Danau, dan Pemancingan ada yang Hasil Kutukan ? Buya Yahya Menjelaskan

- 25 November 2021, 18:08 WIB
Memancing ikan pada sungai di Majalengka dan Buya Yahya
Memancing ikan pada sungai di Majalengka dan Buya Yahya /kolase foto Kodar Solihat/DeskJabar dan YouTube Al-Bahjah TV

DESKJABAR – Diantara sebagian orang hobi mancing di Jawa Barat, masih terdapat mitos ada ikan keramat hasil kutukan, termasuk mitos kutukan Prabu Siliwangi.

Seperti apa ikan di pemancingan, danau, dan sungai ada yang hasil kutukan ? bagaimana hukum pada Islam ? Ulama asal Cirebon, Buya Yahya menjelaskan.

Nah, dalam mitos yang beredar diantara sebagian kalangan penghobi mancing di Jawa Barat, bahwa ada sejumlah ikan jejadian baik di sungai maupun di kolam pemancingan.

Mitosnya, adalah ikan-ikan bersangkutan dahulunya sejumlah prajurit Kerajaan Pajajaran yang karena ada sebab dikutuk menjadi ikan oleh Prabu Siliwangi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengenali Pesugihan Setan Tuyul, Ustadz Abdul Somad Menjelaskan Apa Itu Tuyul

Ada mitos ikan hasil kutukan Prabu Siliwangi berbeda versi, ada yang menyebut pada sebuah kolam berisi Ikan Dewa di Kabupaten Kuningan.

Namun ada versi lain soal mitos itu, bahwa ikan-ikan jelmaan hasil kutukan kadang terselip diantara populasi ikan pada sejumlah kolam pemancingan atau di sungai-sungai.

Ikannya bisa tampilan sama berupa ikan umum dengan ikan-ikan yang dibudidayakan di kolam pemancingan, seperti ikan nila, ikan emas, ikan gurame, dsb.

Namun, ada juga yang mengatakan, bahwa salah satu ciri ikan hasil kutukan, adalah memiliki arah sirip yang terbalik.

Halaman:

Editor: Sanny Abraham

Sumber: Berbagai Sumber, Youtube Al-Bahjah TV


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X