HARI GURU NASIONAL, Guru SD di Tasikmalaya Raih Juara Guru Inspiratif Nasional, Ini Prestasinya..

- 25 November 2021, 15:45 WIB
Rintis TV Lokasi Untuk Belajar di Masa Pandemi, Anggota PGRI Kab. Tasik Jadi Guru Inspiratif Nasional
Rintis TV Lokasi Untuk Belajar di Masa Pandemi, Anggota PGRI Kab. Tasik Jadi Guru Inspiratif Nasional /

DESKJABAR- Hari ulang tahun PGRI yang ke 76 dan Hari Guru Nasional tahun 2021, menjadi berkah bagi PGRI Kabupaten Tasikmalaya.

Anggota PGRI Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Wahyu Kamal berhasil menjadi Guru Inspiratif kedua tingkat Nasional tahun 2021.

Guru SD Negeri Cirangkong 1 Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya itu merupakan perintis TV lokal untuk menunjang proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Subang Terbaru 2021, Polda Jabar Panggil Yosef, Yoris, Danu dan Saksi Lain Terkait Pembunuh Ibu dan Anak

Wahyu Kemal atau yang akrab disapa Ayuk mendapat Apresiasi Guru Inspiratif tahun 2021 itu dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi.

Sebagai tenaga pendidik di daerah pelosok harus memutar otak agar siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Padahal di wilayah Tanjungjaya akses internet terbatas dan tidak semua siswa memiliki hape android. Kuota juga sangat memberatkan orang tua siswa.

Dalam kondisi keterbatasan itu, Wahyu Kemal mencoba membuat TV lokal dan menyulap ruang Guru menjadi studio TV untuk memudahkan belajar.

Solusinya, dibuat sebuah studio TV di sekolah dan anak-anak bisa belajar di rumah masing-masing melalui saluran televisi. Inovasi yang sangat inspiratif di tengah keterbatasan yang ada itulah yang melatarbelakangi Wahyu diterapkan sebagai guru Inspiratif Nasional.

“Materi yang disampaikan melalui jaringan TV ini dapat diterima di rumah peserta didik di lingkungan SDN 1 Cirangkong dengan baik.” kata Wahyu Kemal.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X