Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Wajah dan Mata, Ini Tandanya!

- 13 Mei 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi- Seorang wanita sedang memeriksa wajahnya untuk mendeteksi kolesterol.
Ilustrasi- Seorang wanita sedang memeriksa wajahnya untuk mendeteksi kolesterol. /Antara/Pexels/

DESKJABAR - Kolesterol seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun pada manusia. Padahal mengawasi tanda-tanda tertentu pada tubuh dapat menghindarkan seseorang jauh sebelum benar-benar rentan terhadap masalah kolesterol tinggi yang memicu penyakit jantung.

Untuk mengetahui apakah kolesterol kita sedang tinggi atau rendah, pada kasus tertentu ternyata tandanya bisa terdeteksi atau muncul di wajah dan mata.

Dilansir dari Antara berdasarlan artikel di Hindustan Times, Sabtu yang baru lalu, Konsultan Senior - Nutrisi & Diet Dr Neeti Sharma, menjelaskan beberapa tanda kolesterol tinggi bisa diamati salah satunya pada kelopak mata.

Menurut dia, bercak kekuningan pada kulit, terutama di sekitar kelopak mata, disebut dengan xanthelasma. Tanda ini terbuat dari timbunan kolesterol dan sering kali menandakan kadar kolesterol darah tinggi.

Baca Juga: Ini Daftar Nama Korban dan Kronologi Kecelakaan Bus SMK Depok di Ciater

"Meskipun sebagian besar tidak berbahaya, keberadaannya dapat mengindikasikan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Jika Anda terkena xanthelasma, Anda harus menemui dokter," sarannya.

Selanjutnya, ada perubahan di sekitar tepi kornea berupa cincin berwarna putih atau abu-abu yang disebut arcus senilis. Hal ini disebabkan oleh timbunan kolesterol dan mungkin merupakan tanda peningkatan kolesterol, terutama pada mereka yang berusia di bawah 45 tahun.

Mirip dengan arcus sinilis, Arcus kornea biasanya terlihat pada individu berusia di bawah 40 tahun, berupa cincin putih atau abu-abu yang mengelilingi kornea. Bisa juga itu pertanda kadar kolesterol tinggi.

Tanda kolesterol tinggi juga bisa dilihat dari adanya pigmentasi kulit menjadi kekuningan atau xanthoderma. Hal ini karena
hiperlipidemia di mana darah mengandung lipid berlebih.

Biasanya muncul paling baik di wajah dan di area sekitar mata. Akumulasi timbunan kolesterol tinggi di dalam lapisan kulit menjadi
penyebab perubahan warna ini.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah