AWAS! Kecubung Si Terompet Setan Bisa Bikin Fly, Bikin Halusinasi dan Bikin Kelenger Penggunanya

- 25 Januari 2023, 05:32 WIB
Bunga, buah dan daun kecubung. Awas. jenis tanaman yang satu ini ternyata  memiliki efek bius karena dapat membuat penggunanya berhalusinasi, kelenger tak sadarkan diri yang berujung kematian.
Bunga, buah dan daun kecubung. Awas. jenis tanaman yang satu ini ternyata memiliki efek bius karena dapat membuat penggunanya berhalusinasi, kelenger tak sadarkan diri yang berujung kematian. /Dok. Istimewa/

DESKJABAR - Hati-hari dengan kecubung. Jenis tanaman yang satu ini ternyata memiliki efek bius karena dapat membuat penggunanya berhalusinasi, kelenger, tak sadarkan diri dan berujung kematian.

Bunga tanaman kecubung berwarna putih atau ungu, sementara buahnya berwarna hijau, bentuknya bundar serta berduri. Seluruh bagian tanaman kecubung mengandung racun atau toksin.

Lantas, apa saja bahaya mengonsumsi kecubung? Apakah tumbuhan ini tidak memiliki manfaat sama sekali? Temukan jawabannya di bawah ini!

Dilansir dari laman Fakultas Hukum Unversitas Medan Area https://hukum.uma.ac.id, Rabu 24 Januri 2023, kecubung (Datura metel L.) merupakan tanaman suku terong-terongan (Solanaceae) yang juga disebut “Terompet Setan” (Devil’s trumphet).

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Daihatsu Indonesia Master 2023 Hari Ini 25 Januari, Ginting Siap Berlaga

Disebut terompet setan karena kecubung dapat mengakibatkan efek negatif mirip halusinasi hingga kelenger. tanaman ini sendiri pertama kali diperkenalkan di 1754 oleh ilmuwan bernama Linnaeus.

Buah kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid yang terdiri dari atropin, hyoscyamine, dan skopolamin (yang bersifat antikolinergik).

Selengkapnya efek mengonsumsi kecubung si teromoet setan yang banyak tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut sebagai berikut:

BAHAYA KECUBUNG

1. Menyebabkan halusinasi

Kecubung termasuk golongan tanaman opinoid, seperti ganja dan katinon. Buah dan bunga kecubung mengandung zat yang menyebabkan halusinasi dan ras gembira sesaat yaitu kristal metil yang memiliki efek relaksasi.

Halaman:

Editor: Zair Mahesa

Sumber: https://hukum.uma.ac.id


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x