Pandemi Covid-19, Bisnis E-Sports Semarak

- 27 Oktober 2020, 13:34 WIB
E-sports marak selama pandemi Covid-19.
E-sports marak selama pandemi Covid-19. /Freepik, Antara

DESKJABAR - Pengurus Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bidang Sosial, Pemuda dan Olahraga Reisya Ventra mengatakan eksistensi "e-Sports" meningkat selama pandemi Covid-19.

"Karena orang lebih banyak waktu luang untuk berlatih dan bertanding," katanya saat diskusi daring yang dipantau di Jakarta, dikutip Antara, Selasa, 27 Oktober 2020.

Sebagai contoh, kegiatan e-Sports skala nasional yang diselenggarakan pada 3 Juli 2020 mendapatkan sambutan besar dari masyarakat. Pada kegiatan itu tercatat sebanyak 12 ribu peserta dari 3.000 tim se-Indonesia yang mendaftar.

"Ini melebihi ekspektasi kami. Dugaan kami kegiatan ini sepi karena pandemi ternyata banyak sekali yang berpartisipasi," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, setiap pihak seharusnya bisa memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 semaksimal mungkin dan bermanfaat.

Ia mengatakan tujuan BPP HIPMI mengadakan pertandingan e-sports tersebut ialah mencari bibit-bibit atlet di tingkat nasional bahkan dari pelosok negeri.

Untuk mendapatkan atlet-atlet e-sports tersebut, saat ini HIPMI telah memiliki jaringan di 34 provinsi se-Indonesia. Selain mencari atlet e-sports, HIPMI juga bertekad dan berpartisipasi di bidang usaha digital agar dapat mengajarkan hingga ke tingkat daerah.

Senada dengan itu, salah seorang pemilik tim e-sports Olla Ramlan mengatakan salah satu alasan membuat tim e-sports karena selama pandemi Covid-19 rutinitas di dunia hiburan menjadi tertunda.

"Sampai akhirnya saya menyukai dan mendalami e-Sports dan membuat tim sendiri," katanya.

Saat ini, Olla Ramlan telah memiliki empat tim inti yakni tiga tim laki-laki dan satu tim perempuan ditambah beberapa anggota lainnya. ***

Editor: Kodar Solihat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x