BNI Amsterdam Makin Optimalkan Bisnis BNI di Eropa

- 18 Mei 2024, 13:01 WIB
Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom
Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom /

DESKJABAR - Sejak didirikan pada tahun 2022, Kantor milik PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di Amsterdam, Belanda, terus menunjukkan komitmennya dalam memperluas jangkauan bisnis di Eropa, terutama bisnis yang Indonesian-related.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom mengatakan, dengan keberadaan diaspora Indonesia di Belanda yang mencapai 1,7 juta jiwa yang berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional, pengusaha, hingga mahasiswa, BNI Amsterdam hadir untuk memberikan layanan perbankan yang komprehensif.

"BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Salah satu komitmennya adalah dengan aktif menyalurkan Diaspora Loan yang ke depannya akan terus ditingkatkan," kata Mucharom.

Baca Juga: BJB turut mendukung Festival BOJANA 2024 dalam rangka Hari Ulang Tahun BJB ke-63 tahun

Lebih lanjut Mucharom menjelaskan, debitur Diaspora Loan BNI di Belanda didominasi oleh usaha kuliner Indonesia, seperti Warung Padang Lapek Jo, Restoran Nona Manis, dan Restoran Lestari. Ketiga restoran tersebut menyajikan hidangan khas Indonesia di Belanda.

Terkait hal tersebut, BNI tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi juga mengintegrasikan Diaspora Loan dengan program Xpora. Hal ini bertujuan untuk mempermudah restoran-restoran tersebut dalam mendapatkan bahan baku dan menu sampingan dari Indonesia.

"Salah satu mitra Xpora di Belanda, Nesia Food, merupakan perusahaan importir berbagai bahan makanan dari Indonesia, termasuk produk dari debitur UMKM BNI. Nesia Food telah menjadi pemasok gula aren, bumbu dapur, sayuran beku, hingga berbagai macam kerupuk untuk restoran-restoran debitur BNI," jelas Mucharom

Mucharom menambahkan, BNI membuka peluang bagi para diaspora yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya di Belanda dengan beberapa persyaratan, yaitu memiliki badan hukum, laporan keuangan yang baik selama tiga tahun terakhir, dan tidak terlibat dalam usaha ilegal di Indonesia maupun Belanda.

"Selain melayani diaspora, BNI Amsterdam juga aktif melayani berbagai transaksi perbankan dari perusahaan-perusahaan lokal Belanda dan cabang perusahaan BUMN di Eropa," tambah Mucharom.

Halaman:

Editor: Yedi Supriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah