Musim Kemarau 2024, Budidaya Ikan Nila Terancam Kematian Massal, Begini Cara Pencegahan

- 14 Mei 2024, 07:30 WIB
Penampakan ikan nila terserang penyakit TiLV.
Penampakan ikan nila terserang penyakit TiLV. /Instagram @kkpgoid

DESKJABAR – Menjelang musim kemarau 2024 untuk budidaya ikan nila di Indonesia, dihadapkan pada ancaman terjadi kematian massal akibat serangan penyakit TiLV (Tilapia Lake Virus). Para pembudidaya ikan nila disarankan mengetahui cara mengatasi kematian massal akibat serangan penyakit TiLV.

Peralihan ke musim kemarau sudah mulai terasa pada Mei 2024, dengan diprediksi mulai terjadi pada Juni sampai puncaknya Agustus. Sebagian kalangan khawatir musim kemarau 2024 kembali panjang mirip El Nino 2023, sehingga mengganggu produksi pangan, termasuk usaha perikanan.

Walau ikan nila termasuk jenis perikanan yang mudah pemerliharaan dan pertumbuhan relatif cepat, tetapi tetap harus dipantau perkembangbiakannya. Sebab, selama kemarau, ikan nila tetap dapat terserangan penyakit TiLV yang menyebabkan kematian massal dan penurunan produksi.

 Baca Juga: Tilapia Indonesia Banyak Diminati Dunia, Ada Jenis Ikan Nila yang Cepat Besar untuk Usaha  

Gejala serangan  

Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Senin, 13 Mei 2024, memberikan gambaran peringatan dini menghadapi ancaman kematian massal ikan nila pada musim kemarau 2024. Begitu pula memberikan informasi cara upaya mengatasi terjadinya kematian massal ikan nila.

Disebutkan, karakter penyakit TiLV dapat menyebabkan kematian massal sampai 90 persen dalam satu bulan. Pola kematian terjadi sub akut dengan masa inkubasi selama 1-14 hari.

Penyakit TiLV menyerang bagian mata, otak, dan hati ikan nila. Serangannya mulai menginfeksi mulai telur hingga benih. Ikan nila yang terserang TiLV hanya mampu bertahan selama 4-7 hari. Namun jika kondisi air mengalami fluktuasi selama 24 jam berada pada suhu aman adalah 2-4 derajat celcius.

Ada pun gejala terjadi serangan TiLV pada ikan nila, yaitu nafsu makan yang menurun dan tampak lemah, warna tubuh ikan nila menjadi lebih gelap, ikan nila lebih suka berenang di permukaan air, perut membengkak, kornea mata katarak, menyusut, dan cekung kedalam.

 Baca Juga: Budidaya Ikan Nila, Inilah 4 Jenis Pakan Daun Bikin Cepat Besar dan Sehat

Halaman:

Editor: Kodar Solihat

Sumber: KKP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah