Inilah Jenis Ikan Nila Paling Cepat Besar dan Daging Lebih Tebal, Budidaya Perikanan Lebih Menguntungkan

- 14 Maret 2023, 11:07 WIB
Ikan nila Nirwana
Ikan nila Nirwana /dok Kementerian Kelautan dan Perikanan

DESKJABAR – Usaha budidaya ikan nila termasuk salah satu unggulan usaha perikanan air tawar. Ada jenis ikan nila yang paling cepat besar dan daging lebih tebal, sehingga cepat dipanen dan lebih menguntungkan.

Usaha budidaya ikan nila juga menjadi salah satu unggulan perikanan air tawar nasional, dimana sentra pembenihan ada di Purwakarta, Jawa Barat. Jika populasinya cepat besar dan banyak, ikan nila menghasilkan larva yang dapat dipanen setiap hari.

Diantara para penggemar atau penikmat ikan air tawar, ikan nila paling disukai yang ukurannya besar dengan daging tebal. Karena itu, budidaya ikan nila jenis unggul, diharapkan dapat memenuhi selera para konsumen ikan tersebut. 

Keunggulan ikan nila Nirwana

Untuk mendorong usaha budidaya ikan nila menjadi lebih menguntungkan dengan berbasis agar cepat besar, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah meluncurkan ikan nila ras Nirwana.

Baca Juga: Budidaya Ikan dan Sayuran Dalam Ember, Hobi Asyik Perikanan dan Pertanian di Pekarangan

Ada pun keunggulan ikan nila Nirwana, adalah kecepatan pertumbuhan menjadi cepat besar, bahkan ukurannya lebih besar dibandingkan ras ikan nila lainnya. Ini jika dihitung dengan masa pertumbuhan yang sama antara ikan nila Nirwana dan ikan nila jenis lain.

Jadi, ikan nila Nirwana jelas merupakan unggulan jika dikaitkan selera konsumen Indonesia. Ini membuat budidaya ikan nila menggunakan ras Nirwana relatif lebih menguntungkan dibandingkan ikan nila jenis lain.

Gambaran kecepatan tumbuh ikan nila Nirwana

Informasi diperoleh dari penyuluh perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Purwakarta, Asep Apipudin, kepada DeskJabar, menyebutkan, keunggulan ikan nila Nirwana yang cepat besar ini dapat diperoleh bobot 650 gram hanya dalam waktu 6 bulan. Ada pun ikan nila rasa atau jenis lain, belum tentu mencapai ukuran sebesar itu.

Baca Juga: Budidaya Ikan Mas Majalaya Kembali Dikembangkan untuk Usaha Perikanan di Kabupaten Bandung

Halaman:

Editor: Kodar Solihat

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah