Kabar Baik, Kopi Robusta Merangin Kantongi Sertifikat Indikasi Geografis

19 Mei 2021, 15:04 WIB
Kopi Robusta Merangin telah mengantongi Sertifikat Indikasi Geografis (IG). /Antara/


DESKJABAR
- Kopi Robusta Merangin yang merupakan salah satu varian kopi unggulan di Provinsi Jambi telah mengantongi Sertifikat Indikasi Geografis (IG) Sumatera-Merangin, yang yang dikeluarkan oleh Kemenkumham RI dengan nomor registrasi IDG 000000100.

"Dengan sudah terbitnya IG tersebut, Kopi Robusta Merangin akan terhindar dari klaim-klaim dari pihak lainnya. Kemanapun kopi kita dibawa, harus mengatasnamakan Kopi Robusta Merangin," kata Bupati Merangin H Al Haris di Bangko Kabupaten Merangin, Rabu, 19 Mei 2021.

Sertifikat tersebut diterbitkan oleh Kemenkumham RI pada 20 Desember 2020 lalu, dan sekaligus sebagai bentuk pengakuan atas eksistensi dan spesifikasi kopi khas yang diproduksi di Merangin itu.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Usai Divaksin, Salah satunya Mengonsumsi Vitamin

Sertifikat IG itu, jelas Bupati, sebagai wujud diberikannya hak Indikasi Geografis (IG) kepada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Masurai Sei Tenang ‘Jangkat’ (MS’J’).

Pemberian Sertifikat IG Kopi Robusta Sumatera-Merangin itu, lanjut Al Haris, sejalan dengan amanat Undang Undang nomor 20 tahun 2016, tentang Merek dan Indikasi Geografis jo Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 2007, tentang Indikasi Geografis.

"Untuk kualitas Kopi Robusta Merangin tidak perlu diragukan lagi. Pada ajang Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI) Expo 2018 di Bali dan SCAI 2019 di Bandung, Kopi Robusta Merangin sebagai pemenangnya," terang bupati, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Jernihnya Air Curug Asih Manawah Batu Mahpar Galunggung, Dipercaya Bisa Membuat Awet Muda dan Perkasa

Citra rasa Kopi Robusta Merangin, menurut orang nomor satu di Merangin itu lagi, sangat tinggi. Citarasa Kopi Robusta Merangin tidak dimiliki robusta dari daerah lainnya.

Luas tanaman kopi di Merangin mencapai 11.066 hektare, tersebar di tiga kecamatan, yakni Jangkat, Lembah Masurai dan Jangkat Timur.

Editor: Syamsul Bachri

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Terpopuler