Jangan Klik File APK yang Masuk ke HP Anda, Berikut 5 Tips Menghindari Penipuan Online

- 16 Maret 2023, 12:02 WIB
Foto ilustrasi. Ada 5 tips untuk menghindari penipuan online yang dikirim melalui file APK.
Foto ilustrasi. Ada 5 tips untuk menghindari penipuan online yang dikirim melalui file APK. /Pixabay/Gracini Studios/

DESKJABAR - Belakangan ini, masyarakat heboh dengan modus penipuan online berkedok file APK undangan pernikahan dan kurir paket melalui Whatsapp (WA).

Sejumlah content creator kemudian membuat video agar masyarakat waspada tentang modus-modus penipuan online file APK yang kemudian viral di YouTube, TikTok, Facebook, hingga Twitter.

Penipuan online dengan modus baru berupa file APK berbentuk undangan pernikahan atau kurir paket ini sangat berbahaya.

Baca Juga: Transaksi Mencurigakan Rp300 Triliun di Kementerian Keuangan, Mahfud MD: Akumulasi Sejak 2009 Hingga 2023

Masyarakat yang mengklik file APK akan mengalami kerugian finansial lantaran akun m-banking, aplikasi uang elektronik, ecommerce, dll, yang tersimpan dalam HP, berisiko dicuri.

Bank Indonesia (BI) seperti dilansir dalam situs resminya mengungkapkan bahwa modus penipuan online berupa undangan pernikahan dan kurir paket, merupakan dua modus dari berbagai modus penipuan yang tengah marak terjadi.

Modus baru penipuan online ini bertujuan mencuri informasi dan data pribadi sehingga penting bagi masyarakat untuk selalu waspada.

Modus penipuan online tersebut adalah pelaku mengirim file APK ke calon korban di antaranya melalui aplikasi pesan singkat WA.

Setelah calon korban mengklik atau mengunduh file APK tersebut dan memberi izin akses maka pelaku bisa mencuri data rahasia dari HP mereka, seperti foto, video, SMS, akses akun m-banking, aplikasi uang elektronik, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Samuel Lantu

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah